Mengenal Character Building Agama

Pernahkah Anda mendengar character building agama? Jika ditanya soal upaya pembangunan karakter saja, pastinya banyak orang yang sudah tahu. Bahkan, banyak pula yang sudah pernah mengikuti acara training karakter misalnya di sekolah dan di kantor. Namun bagaimana jika training pembangunan karakter agama? Tidak semua orang mengetahui tentang adanya penggabungan antara pembentukan karakter dengan pembelajaran agama. Ya, hal ini memang sangatlah wajar karena memang kedunya bisa berhubungan dan bahkan saling menguatkan. Agama apapun selalu mengajarkan kabaikan termasuk juga bagaimana cara berperilaku di dunia. Dengan ajaran agama, seseorang yang mengikuti agenda pembangunan karakter diharapkan bisa memiliki pondasi yang kuat untuk bisa menjadi insan manusia yang lebih baik. Pembelajaran tentang bagaimana karakter manusia yang baik dan ditambah dengan pelajaran agama akan sangat menguatkan manusia untuk bisa terus berperilaku baik di manapun dan kapanpun.

Saat ini, telah banyak ditemukan adanya acara pembangunan karakter yang disematkan pembelajaran tentang agama. Banyak pihak yang memang mendukung adanya upaya pembentukan karakter yang menyentuh dari segi kecerdasan emosional dan juga spiritual. Acara seperti ini biasa disebut sebagaia acara ESQ. Banyak pihak yang mengadakan acara seperti ini dengan tujuan membuat para peserta menjadi lebih unggul dan memiliki karakter yang baik. Contoh pihak yang mengadakan acara seperti ini biasanya adalah kampus atau perguruanĀ  tinggi. Setiap tahun ajaran baru, mahasiswa yang datang akan dibekali dengan sebuah acara yang bertujuan untuk pembekalan karakter agar bisa menjadi insan yang unggul. Tidak hanya itu, berbagai instansi seperti kantor pemerintahan, perusahaan, komunitas dan berbagai organisasi juga biasa mengadakan acara seperti ini dengan tujuan yang sama.

Namun memang, keberhasilan dari sebuah acara pembangunan karakter atauĀ sandal outdoor dengan dasar agama tidak mutlak seratus persen. Berhasil dan tidaknya para peserta menjadi lebih baik sangat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor termasuk lingkungan hidupnya. Jika saat mengikuti acara pembentukan karakter benar-benar tersadar, maka belum tentu setelah pulang akan ingat apa saja pelajaran yang telah dibagikan.