Apa itu ISO A4s?

Apa kamu tahu bahwa kertas A series yang sering kita gunakan sudah menggunakan standar internasional, salah satunya ISO A4s yang sering digunakan untuk kartu, dokumen, kertas tulis, percetakan, maupun digunakan dalam aplikasi seperti Microsoft excel dan Microsoft word. Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita menggunakan kertas untuk memudahkan kita dalam penyalinan data atau dokumen atau tulisan. Kertas yang kita gunakan juga mengikuti standar ISO yaitu seperti jenis kertas A series yaitu A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10. Sedangkan kertas yang memang paling sering kita gunakan adalah kertas A4 atau yang terbaru A4s. Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang sudah menerapkan adanya sistem ISO. Apa itu ISO? ISO atau kepanjangan dari International Organization for Standardization adalah sebuah badan non pemerintah yang dibentuk dengan tujuan untuk menstandarkan suatu hal atau gambar teknik agar bisa diterima oleh dunia. Karena Indonesia sudah masuk dalam anggota ISO, maka beberapa hal akan disangkut pautkan dengan penerapan standar dari ISO, seperti kertas.

Jika kita pelajari dengan seksama, kertas dengan series A ini memang sudah sangat umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dalam penerapan adanya ISO pada sesuatu seperti jenis kertas yang sering digunakan pun juga penting. Penerapan dalam standar ISO pada kertas juga tidak dilakukan dengan mudah. Adapun beberapa tahapan yang harus dilalui dalam menentukkan standar berskala Internasional ini. Dalam penerapan ISO biasanya digunakan di dalam perusahaan atau industri. Namun dalam penerapan sistem dengan ISO ini tidak bisa dilakukan dengan mudah dan begitu saja. Perusahaan juga memerlukan adanya pakar yang professional seperti konsultan ISO yang dapat membantu perusahaan dalam penerapan sistem. Dengan melakukan hal tersebut perusahaan tentu tidak akan dirugikan, justru akan mendapatkan manfaat baik dari konsultan tersebut.

Dalam hal ini perusahaan yang menggunakan konsultan untuk ISO ini tentu akan menjamin adanya kesuksesan serta efektifitas untuk industri tersebut, namun tetap dengan tergantung pada metode dari konsultan tersebut. Oleh karena itu, memilih konsultan harus yang professional dan sudah memiliki pengalaman.